Rabu, 24 Maret 2010

Membuat Aplikasi dengan Visual Basic 6.0 dengan Koneksi Microsoft SQL Server 2000

Edisi perdana...saya maw menayangkan tutor yang sudah saya buat di rumah.... Disini saya akan membuat data personalia yang meliputi data pegawai, pokoknya meliputi seputar pegawai dan gaji , sekaligus report..Selamat membaca dan mempraktekkan yach,,,,,Semoga bermanfaat..


Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang cukup populer dan mudah untuk dipelajari. Anda dapat membuat suatu program dari Visual Basic dengan dikombinasikan program lain seperti Microsoft Access ataupun SQL Server 2000. Dan disini Anda akan mengkombinasi program Visual Basic dengan Microsoft SQL Server 2000. Untuk membuat suatu program tentunya dimulai dengan memperkirakan kebutuhan atau menentukan field – field yang Anda butuhkan, merancang tampilan, dan selanjutnya diikuti dengan pembuatan kode untuk program tersebut.

Kali ini kita akan membuat program mengenai “Data Pegawai”. Dengan langkah awal menentukan field – field yang diantaranya adalah : Nip, Nama , Alamat, TglLahir, Jabatan, dan TglMasuk. Pada awal materi kali ini Anda akan mempelajari bagaimana cara pembuatan Input Data. Sebelum memulai pembuatan kode di Visual Basic Anda harus membuat Database terlebih dahulu di SQL Server. mohon maaf karena saya tidak dapat menampilkan dengan gambar. Ikutilah langkah – langkah berikut ini :


Langkah 1

Buka Program SQL Server dengan cara Pilih Start > All Program > Microsoft SQL Server > Enterprise Manager.


Langkah 2

Setelah itu klik tanda plus ( + ) pada Microsoft SQL servers > begitu juga pada SQL Server Group dan (Local) (Window NT). Klik kanan pada Database > pilih New Database. Ini adalah sebuah langkah awal untuk membuat database.


Langkah 3

Muncullah layar seperti di bawah ini, pada tab General ketikkan nama Database yang akan dibuat misal Data Pegawai. Lalu klik OK.


Langkah 4

Mulailah membuat field – field dengan cara klik tanda plus ( + ) Database yang berjudul Data Pegawai. Klik kanan pada Tables > pilih New table. Dan ketikkan field-field yang sudah Anda tentukan seperti di atas yaitu : Nip, Nama , Alamat, TglLahir, Jabatan, dan TglMasuk. Jangan lupa pilih Data type varchar untuk variabel. Sebelum Anda menyimpan Table tersebut. Anda harus memberi Primery Key pada field Nip dengan cara klik kanan pada Row Nip > pilih Set Primary Key. Untuk menyimpan table Anda bisa mengklik Icon Save yang terdapat di bawah MenuBar File. Save Table ini dengan judul Master Pegawai.


Langkah 5

Jika Anda sudah membuat database seperti langkah di atas. Kini Anda saatnya memulai membuka program Visual Basic 6.0 dengan cara Pilih Start > All Program > Microsoft Visual Basic 6.0 > Pilih Microsoft Visual Basic 6.0. Pada saat pertama kali Anda menjalankan Visual Basic, akan ditampilkan kotak dialog New Project dan langsung saja kita pilih standart EXE > klik Open. Maka akan muncul layar.


Langkah 6

Sebelum Anda memulai untuk membuat Form Data Pegawai. Anda harus memberikan tool ADODC pada form1 ini. Tentunya pada toolbox tersedia belum ada tool ADODC. Maka Anda hanya perlu pilih Menubar Project > Pilih Components. Maka akan muncul layar Components, pilih Microsoft ADO Data Control 6.0 (OLEDB) > klik Apply > lalu Close.


Setelah itu akan muncul tool ADODC yang terletak pada toolbox di bawah sebelah kanan. Klik tool ADODC dan tambahkan pada form1. Letakkan pada bawah sebelah kanan. Mengapa membuat ADODC ? Karena cara ini untuk mempermudah Anda mengkoneksikan antara Microsoft SQL Server dan Visual Basic.


Langkah 7

Langkah berikutnya Anda harus membuat Module. Module ini bertujuan untuk menghubungkan antara Microsoft SQL Server dan Visual Basic agar terkoneksi. Tambahkanlah Module dengan cara Pilih Menubar Project > pilih Add Module > Lalu klik Open. Maka akan muncul layar Module, module ini hanya untuk berisikan kode, tidak seperti pada form. Kemudian ketik kode pada Module.


Untuk melanjutkan kode tersebut. Aktifkanlah ADODC pada form1, lalu pilih Conection String pada Properties Window pada tab Alphabetic. Klik bertanda titik tiga kali tersebut. Maka akan muncul layar.

Langkah 8

Kemudian pilihlah Build > Pada tab Provider pilih Microsoft OLE DB Provider for SQL Server > Lalu pilih Next. Maka akan muncul layar Data Link Properties (Seperti pada gambar 8). Tetap pada tab Conection, pada Select or enter a sever name isi nama server Anda dan dapat dilihat pada Start > Klik kanan pada My Computer > Pilih Properties > Pilih tab yang bernamakan Computer name > disana terdapat Full Computer name dan ketikkan pada option Select or enter a server name tersebut. Setelah itu pilih Use Window NT Intergred Security > Langkah berikutnya Anda pilih Data Pegawai pada Select the database on the server. Jika sudah, Anda klik Test Connection untuk mengetahui apakah langkah yang sudah Anda lakukan berhasil. Jika benar maka akan muncul pesan Test Connection succeeded. Maka klik OK saja untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. Setelah itu klik OK lagi.


Maka akan muncul layar seperti di bawah ini, Maka pada options Use Connection String bisa Anda copy dari kalimat Provider sampai akhir dengan cara blok semuanya lalu tekan Ctrl + C (seperti pada gambar 8.2). Setelah itu pilih close saja. Jika sudah Anda copy, Anda dapat kembali ke Module.


Langkah 9

Pada Module ini Anda langsung saja paste setelah Anda mengetik kode yang terakhir yaitu petik dua ( “ ) (kelanjutan dari langkah ke – 7).


Lalu Enter tambahkan kode seperti di bawah ini : (seperti pada gambar 9.2).


Simpanlah Module1 tersebut pada sebuah folder yang Anda tentukan untuk file Visual Basic. Karena nantinya akan ada 2 Form dan 1 Module serta 1 Project, jangan sampai Form, Module dan Project terpisahkan filenya karena akan menyebabkan project tidak dapat dibuka jika dijalankan di komputer lain.


Langkah 10

Setelah itu Anda harus membuat Form baru untuk Master Pegawai. Caranya adalah pilih Project > Add Form > Klik Open. Pada Toolbox, pilih TexBox untuk membuat Field di form. Buatlah 6 TexBox sesuai Field yang sudah ditentukan sebelumnya, yaitu : Nip, Nama, Alamat, TglLahir, Jabatan, dan TglMasuk. Selanjutnya, ubahlah namanya pada Properties Window sesuai field yang ditentukan. Jangan lupa untuk menghapus tulisan text yang terdapat pada TexBox dengan cara, pada properties Window pilih Text > tekan Delete. Lalu tambahkan 6 Label di sebelah kiri TexBox, dengan cara pilih Tool Label dan ganti Captionnya sesuai field yang sudah ditentukan. Kemudian pilihlah Command Button pada ToolBox, dan buat satu command Button (tombol) untuk Input Data. Ganti captionnya menjadi Input dan begitu juga pada Name. Sehingga Form2 akan tampil. Jangan lupa untuk menyimpan Form2 dengan nama Form_MasterPegawai

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar